Introduction Atau Perkenalan Sketchware

 


Apasih itu sketchware ? Sketchware adalah lingkungan pengembangan terintegrasi *[ IDE ]* Berbasis pemrograman blok untuk mengembangkan aplikasi *Android Seluler*


*Apakah di sketchware hanya bisa pakai blok tidak bisa ngoding?*


Jelas bisa dan sangat bisa sekali. Jika anda menggunakan *sketchware ORI dari play store* anda bisa menggunakan sebuah blok operator dan anda pilih blok *add source directly*.


Jika anda menggunakan *Sketchware PRO* disini anda bisa pakai blok yang tadi yaitu *add source directly* atau ngoding langsung pakai code editor di sketchware nya. Anda juga bisa mengekspor lib, dll.


Penjelasan dikit tentang *Sketchware PRO* sketchware pro ini dikembangkan oleh *AgusJcoderz dari ModerTeam* yang bernama *Sketchware Revolution* lalu dikembangkan lagi oleh *Moder dari India* dan lahirlah bernama sketchware pro hingga saat ini. Saya dengar² nanti Sketchware PRO ini akan di kembangkan lagi tidak menggunakan bahasa *JAVA* tapi menggunakan *KOTLIN*.


*Fitur fiturnya apa aja sih sebenarnya di sketchware?*


Fitur fiturnya yaitu:

•Blok pemrograman mirip dengan Scratch from MIT.

•Visual Drag&Drop lingkungan pengembangan terintegrasi *[ IDE ]*.

•Kode sumber yang diterjemahkan secara otomatis *JAVA Dan XML*.

•Komplisai dan bangun file install di ponsel langsung *(file .APK)*.

•Sepenuhnya kompatibel dengan *Android Studio*.


Disini saya sarankan untuk menggunakan *Sketchware PRO* tapi jika kalian ingin memakai *Sketchware ORI* tidak masalah. Sung park berkata: Hitung-hitung sedekah untuk beli beras dan meneruskan hosting.


*Web Sketchware:* https://sketchware.io


#uysfds-indo