Fungsi Layout-Widgets-List Dalam Sketchware

 


Buat apasih mengenal jenis&fungsinya? Enakan kan langsung praktek. Jadi gini saya mengajak anda untuk mengenal Jenis&Fungsinya itu untuk mempermudah anda untuk menambah wawasan kalian dan juga untuk mempermudah anda membuat sebuah design aplikasi yang bagus. Oke lanjut.


*Jenis&Fungsi Layout:*

•Linear Layout: layout yang menyejajarkan semua child view-nya dalam satu arah, secara vertikal atau horizontal. Anda bisa menetapkan arah layout dengan atribut orientation.


Semua anak LinearLayout akan ditumpuk satu sama lain, jadi daftar vertikal hanya akan memiliki satu anak per baris, seberapa pun lebarnya, dan daftar horizontal hanya akan setinggi satu baris (tinggi anak yang tertinggi, ditambah pengisi). LinearLayout akan mengikuti margin antara anak dan gravity (sejajar kanan, tengah, atau kiri) setiap anak.


•Scroll View: container untuk tampilan *UI(User Interface)* pada android. ScrollView digunakan agar user bisa melakukan scroll secara vertikal maupun horizontal pada layout yang sudah dibuat jika layout tersebut terlalu besar. Dan jika terlalu panjang maka tampilan akan bisa discroll secara vertikal maupun horizontal.



Note: scroll view tidak bisa digunakan dengan *ListView* karena apa? Dalam ListView telah terdapat scroll view. Jika kita tambahkan ListView dalam scroll view maka salah satu dari itu tidak akan berfungsi scrollnya.



*Jenis&Fungsi Widgets:*

•TextView&EditText: TextView digunakan untuk manmpilkan teks atau tulisan pada layar atau perangkat android. Sedangkan EditText digunakan oleh user untuk menginput atau memasukkan tulisan, teks atau angka.


•Button&Material button: memiliki fungsi untuk melakukan perintah tertentu, contohnya yaitu button login yang berfungsi untuk menampilkan halaman isian email dan password. Supaya tombol terlihat lebih menarik desain atau bentuknya maka kita bisa melakukan custom button pada android.



•ImageView: tugasnya menampilkan gambar. Gambar di komponen imageview bisa diambil dari Assets atau dari Drawable. Ketika kita buka untuk pertama kalinya maka gambar tersebut akan terlihat default dari file bawaan.



•Radio Button: berfungsi untuk menginputkan data yang berupa pilihan dan hanya satu saja yang bisa dipilih, mirip seperti Spinner. Contohnya seperti inputan “Jenis Kelamin”, dan pilihan Lelaki/Perempuan/Waria dan yang satunya.


•Check Box&Switch: elemen UI yang berguna untuk memcatat opsi atau status yang bernilai boolean, bila diklik (Checked) bernilai "true" dan jika tidak diklik bernilai "false", fungsi dari dari kedua widget tersebut hampir sama namun hanya tampilan visualnya saja yang berbeda.


•Progress bar: sebuah elemen UI yang digunakan untuk indikasi suatu proses dalam aplikasi, elemen UI tersebut akan menampilkan suatu pemrosesan pada konten yang di akses oleh user.


•Seek bar: yang berfungsi untuk menampilkan ekstensi dari widget progressbar, namun dengan cara di drag dengan jari atau touch kita (draggable). Widget ini umumnya dipakai untuk keperluan setting atau pengaturan dan musik.


Yang terakhir adalah *WebView*.

•WebView: menampilkan konten web secara langsung dari aplikasi yang kita buat mau itu dengan link ataupun no link. dan WebView ini juga bisa juga digunakan seperti Android System WebView.



*Jenis&Fungsi List:*

•ListView: digunakan untuk menampilkan data atau nilai dalam bentuk daftar/list, nilai atau data yang ditampilkan pada ListView tersebut didapat dari sebuah Array atau Database yang sudah ditentukan.



•GridView: komponen android yang menampilkan data dalam format table yang biasanya terdiri dari beberapa kolom dan baris. GridView di android sering digunakan untuk menampilkan data yang formatnya gambar atau kombinasi gambar dan teks.



•RecylerView: untuk menampilkan data daftar gulir. RecyclerView menggunakan pola adapter untuk menghubungkan data dengan tampilan item daftar. Untuk mengimplementasikan RecyclerView, Anda perlu membuat adapter dan view holder, dan metode yang mengambil data serta menambahkannya ke item daftar.


•Spinner: Sama dengannya seperti Radio button.


•ViewPager: merupakan salah satu widget Android yang dapat digunakan untuk mengelola beberapa fragments. Dan ViewPager juga sering digunakan untuk intropage.


#uysfds-indo